Review Investasi Reksadana via Apps Bareksa

Apps Bareksa

Salah satu Apps dan/atau portal yang cukup popular digunakan untuk investasi reksadana adalah Bareksa. Portal ini menawarkan layanan digital sebagai agen penjual reksadana atau tempat penjualan reksadana. Tempat penjualan atau agen penjual ini tidak ada hubungannya dengan kinerja reksadana yang mau anda beli.

Yuk kita lihat, bagaimana layanan yang diberikan oleh Apps dan/atau portal Bareksa ini.

Pertama, pendaftaran. Kalau anda belum punya account Bareksa, anda harus mendaftar dulu. Caranya cukup klik hyperlink Buka Account yang ada. Siapkan scan copy KTP, NPWP dan bukti kepemilikan rekening, proses cukup mudah sampai tanda tangan pun cukup secara digital di gadget anda. Kalau anda sudah pernah punya account di Bukalapak atau Tokopedia, maka tidak perlu buka account baru, cukup klik lupa password, maka akan diarahkan untuk mendapatkan password baru.

Jika sudah berhasil buka account baru, maka anda bisa lihat bahwa banyak features di Bareksa seperti Daftar Reksa Dana, Simulasi Reksa Dana, Return Analysis, Newcomers – daftar reksadana yang baru terdaftar dalam industri – yang bisa digunakan untuk meng explore Reksa Dana lebih lanjut. Saat penuli mereview ini, total 1753 Reksa Dana yang ada, namun hanya 195 Reksa Dana yang bisa di beli melalui Bareksa. Artinya tidak semua manager investasi bekerja sama dengan pihak Bareksa agar produknya dapat di jual di agen ini.

Selanjutnya yang kedua, pembelian. Kalau anda sudah tahu tujuan keuangan anda, anda bisa mulai memilih dan membeli Reksa Dana yang di jual di Bareksa. Caranya, masuk dulu pada menu Pembelian, pilih Reksa Dana yang menjadi pilihan anda. Paralel, anda akan mendapatkan konfirmasi melalui email atas pembelian Reksa Dana anda. Dalam email tersebut terdapat no order dan no rekening fund manager. Jika sudah transfer, maka anda wajib untuk mengkonfirmasikan dengan meng-upload bukti transfer tersebut. Bukti transfer tidak boleh dalam bentuk .pdf, tapi harus dalam bentuk .jpg atau .jpeg atau .gif dan harus disampaikan dalam waktu 1×24 jam, jika tidak, maka order beli anda tidak diakui. Kalau portal Bareksa lagi hang, maka anda dapat kirimkan bukti transfer via Whatsapp (WA) ke nomer customer service atau bisa juga via email ke email customer service Bareksa. Ribet memang, apalagi kalau anda transaksi hari Jumat, dimana besoknya libur. Kalau ada apa-apa, harus nunggu hari Senin baru bisa dilayani lagi oleh Bareksa. Proses bayar menurut penulis masih ribet, kurang kekinian dan bisa menimbulkan harap-harap cemas kalau tidak ada respon dari CS atas konfirmasi transfer. Padahal kalau kita bandingkan dengan transaksi di tempat penjualan reksa dana lain secara digital saat ini seperti marketplace Tokopedia, proses bayar sangat mudah dan langsung dikenali secara otomatis. Apps/portal Bareksa masih perlu meningkatkan layanannya untuk hal ini.

Selanjutnya jika sudah dikonfirmasi, anda bisa cek order anda di menu Portfolio, apakah order anda completed atau belum. Kalau belum terjadi transfer dalam waktu 1×24 jam dan/atau tidak di konfirmasi oleh pihak Bareksa, maka status order anda Rejected.

Kalau status order sudah completed, anda akan melihat transaksi anda di menu Transaksi. Di situ akan terlihat berapa Nilai Aktiva Bersih (NAB) pada saat pembelian. Nama Reksa Dana dan Manager Investasinya, Jumlah unit pembelian, Nilai Transaksi bersih, Biaya transaksi. Total Nilai Transaksi. Yang perlu jadi perhatian, jika anda melakukan transaksi sebelum jam 13.00 WIB pada hari itu, maka pembelian menggunakan NAB pada akhir hari. Namun jika transaksi lewat dari jam 13.00, maka akan digunakan NAB pada keesokan harinya. Bagi anda yang mau melakukan debet otomatis untuk pembelian berkala Reksa Dana, hanya bisa dilakukan lewat rekening BCA. Yang punya non BCA, jangan harap bisa melakukan pembelian berkala dengan debet otomatis.

Yang ketiga, penjualan. Jika anda ingin mencairkan dana anda yang ada di Apps Bareksa, maka anda klik menu Penjualan. Nanti akan terlihat nilai investasi awal dan perkiraan nilai investasi terakhir, sehingga akan terlihat berapa kira-kira persentase return yang di dapat atas pembelian produk Reksa Dana tersebut. Return ini akan di update setiap hari secara otomatis oleh Bareksa, sehingga anda bisa melihat perkembangan portfolio anda.

Jika sudah klik jual, klik juga button konfirmasi, maka akan ada token yang dikirim via sms ke HP anda, untuk mengkonfirmasikan penjualan tersebut. Hal ini juga ribet, karena kalau kita sudah log in dan masuk dengan password ke dalam aplikasi, mestinya sudah terverifikasi. Ini bisa jadi salah satu input untuk Bareksa, agar memangkas prosedur dan mengupdate proses pembayaran dan penjualan nya supaya menjadi lebih ringkas dan otomatis.

Dari hasil penjualan, kalau rekening tujuan anda non BCA, maka akan ada biaya transfer sebesar Rp. 5000 (Lima ribu Rupiah), yang akan langsung di potong dari nominal hasil penjualan. Kalau tidak mau ada biaya transfer, maka pada waktu pendaftaran, gunakan rekening di BCA juga. Uang akan di transfer oleh Bareksa maksimal 7 hari kerja. Tergantung dari bank custodiannya. Dari pengalaman penulis melakukan transaksi jual, uang hasil penjualan sudah masuk rekening dalam 2 (dua) hari kerja. Lumayan cepat.

Secara keseluruhan, features yang diberikan Apps Bareksa bagus, hanya saja untuk proses bayar dan jual masih ribet dan tidak otomatis terkonfirmasi.

 

Catch me: @rizalplanner

Email me: rizal.plannerindo@gmail.com

 

bareksa web

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s