Review Investasi Reksadana via Apps Bibit

bibit

Satu lagi apps untuk yang ingin berinvestasi reksadana adalah Bibit. Bisa di download di ios ataupun google play atau jika ingin menggunakan laptop, bisa masuk ke web nya: https://app.bibit.id/.

Apps ini cocok untuk pemula atau orang awam yang baru belajar bagaimana mulai berinvestasi, karena melalui apps ini anda tidak perlu lagi mikir mau milih reksadana yang mana dan bagaimana cara investasinya, cukup klik-klik di gadget anda, maka anda bisa langsung berinvestasi. Tagline nya berinvestasi reksadana secara otomatis.

Pendaftaran

Cara daftarnya juga gampang, cukup scan KTP, tidak perlu manual isi data KTP karena sistem sudah mampu membacanya, isi no HP, nama bank dan no rekening dan ikuti petunjuk selanjutnya. Isian yang ada sekaligus mengukur risk profile anda. Seberapa besar risiko yang anda bisa tanggung bila sesuatu terjadi pada investasi anda, contohnya, bila harga suatu reksadana saham turun 15%, apakah anda panik atau malah beli lagi? Kalau beli lagi, berarti anda tipe investor agresif, kalau panik, anda termasuk yang konservatif, pilih yang aman-aman aja.

Kalau sudah isi semua, tidak perlu nunggu seharian, anda sudah bisa langsung investasi.

Robo Advisor

Untuk mengukur risk profile dan pilihan investasi yang ada, Bibit menggunakan yang namanya robo advisor.  Robo advisor ini fungsinya akan memilihkan reksadana mana saja yang sesuai dengan risk profile anda. Rekomendasi robo advisor bisa sekaligus 3 (tiga) reksadana dengan komposisinya masing-masing. Contohnya, untuk profil risiko agresif, nilainya 9.0, maka rekomendasi reksadana pasar uang 10%, obligasi 24%, dan saham 66%. Masing-masing sudah dipilihkan oleh robo advisor dari reksadana yang ada, mana yang paling cocok. Gak perlu pusing lagi memilih.

Cara kerja robo advisor adalah auto risk profiling, auto financial plan dan auto rebalancing. Dari algoritma jawaban-jawaban atas isian pendaftaran, robo advisor bisa mengetahui risk profile anda, lalu mendesain bagaimana perencanaan keuangan yang terbaik untuk anda, yang diterjemahkan dengan komposisi portfolio reksadana yang dipilih, dan terakhir menyesuaikan komposisi berdasarkan profil risiko, usia dan risiko pasar.

Kalau sudah familiar dengan reksadana, anda bisa pilih sendiri dari list reksadana yang ada, dan ada juga fitur bandingkan antara 3 (tiga) reksadana sekaligus untuk kategori yang sama, misalnya untuk kategori reksadana Obligasi, pilih 3 (tiga) reksadana obligasi, ada pula fitur filter, membandingkan dari total Asset Under Management, Return, Expense Ratio, Max Drawdown dan Minimum Pembelian.

Cara Pembayaran

Cara pembayaran nya mirip kalau belanja di market place seperti Tokopedia, Bukalapak. Tidak perlu kirim bukti transfer, verifikasi juga sudah otomatis. Pembayaran bisa dilakukan via Gopay, OVO, DANA, Virtual Account. Selain ke- 4 cara di atas, masih disediakan cara pembayaran via transfer manual, bukti transfer masih tetap perlu dikirim untuk verifikasi.

Untuk fitur pembayaran lewat Gopay, gratis biaya transfer, ini lumayan banget untuk pemula yang nilainya masih kecil, menghemat biaya transfer. Gak perlu online banking untuk transfer. Apalagi kalau profitnya gak gede-gede banget, jadi profit gak dimakan biaya transfer.

Ada juga pembayaran via virtual account, ada 4 (empat) bank yang saat ini ada no rekening virtualnya tercatat di Bibit. Ini juga lumayan untuk menghemat biaya transfer, hanya perlu memastikan bank anda sama dengan bank tujuan virtual account tersebut. Saat ini ada Bank BRI, BNI, Permata, CIMB Niaga dan bill payment via Mandiri.

Cara pembayaran ke virtual account tersebut bisa juga via apps OVO dan DANA, hanya saja ada biaya transfernya, tertera sebelum anda menyetujui pembayaran via metode ini.

Ada pembayaran via LinkAja, verifikasinya juga otomatis dan gratis biaya transfer. Lumayan untuk menghemat biaya transfer.

Inovasi seperti ini, penting bagi investor, karena membantu menghemat dari biaya-biaya yang tidak perlu.

Nabung Rutin

Fasilitas nabung rutin disediakan oleh apps ini. Nabungnya sebulan sekali. Caranya, tinggal klik saja nabung rutin di menu home yang ada, pilih tanggal berapa mau nabungnya, voila, maka setiap bulan uang anda akan dipotong. Nabung rutin ini adalah metode sederhana untuk untuk investasi rutin setiap bulan tanpa peduli harganya naik atau turun. Karena dengan nabung rutin atau istilahnya dollar cost averaging, anda tidak perlu mikir kapan saat yang tepat untuk berinvestasi. Yang penting anda konsisten dan disiplin dalam menabung,

Jual Reksadana

Untuk menjual reksadana, caranya juga mudah sekali, tinggal klik menu portfolio, maka akan muncul apa saja pilihan reksadana yang sudah dibeli, bisa dilihat performancenya, untung atau tidak. Kalau mau dicairkan, tinggal klik jual. Selanjutnya, di screen, akan muncul informasi bank kustodian dari reksadana tersebut, kalau bank kustodiannya berbeda dengan bank tujuan anda, maka akan ada biaya transfer, tapi kalau anda menyamakan bank anda dengan bank kustodian, maka gratis biaya transfer. Kalau di awal anda punya rekening bank yang berbeda dengan bank kustodian, dan anda ingin mengganti dengan bank yang sama dengan bank kustodian, maka tambahkan di menu profile no rekening bank yang sama tersebut. Penambahan rekening bank bisa dilakukan lebih dari satu.

Kesimpulan

Design apps, user interface (UI) nya bagus, dibuat semudah mungkin, jadi gak pake ribet buat pemula. Untuk yang mau Syariah, ada pilihan preferensi Syariah di menu profile. Sehingga otomatis, pilihan reksadana anda juga langsung yang Syariah. Untuk pilihan produknya secara keseluruhan menurut penulis belum terlalu banyak.

Selamat berinvestasi

Catch me @rizalplanner (twitter)

Email: rizal.plannerindo@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s