Review Investasi Reksadana via Apps Tanamduit

Tanamduit front

Aplikasi ini menawarkan tidak hanya investasi reksadana tapi juga penjualan asuransi dan investasi obligasi berupa Surat Berharga Negara (SBN). Tulisan ini hanya fokus untuk investasi reksadananya saja.

Pendaftaran

Untuk pendaftaran, isi nama sesuai KTP, upload scan KTP, isi nomer rekening dan tanda tangan secara digital. konfirmasinya gak bisa instan, masih butuh 2 (dua) hari kerja. Lumayan lama ya untuk verifikasi.

Pembelian Reksadana

Investasi bisa dilakukan mulai Rp. 10.000 (sepuluh ribu Rupiah).  Untuk pemula yang ingin berinvestasi, anda harus baca lebih dahulu penjelasan dari menu di apps ini, jadi buat yang belum paham reksadana dan bagaimana memilihnya, mungkin apps ini kurang favorable. Apps ini mirip seperti Bareksa, kita sendiri yang harus memilih reksadana mana untuk investasi.

Untuk memilih produk mana yang untuk investasi, diserahkan pada anda sendiri dengan membaca penjelasan yang ada disitu. Harapannya, setelah membaca penjelasan dan menonton youtube di awal, anda akan mengerti. Well, mudah-mudahan ya.

Sebelum beli, ada fitur bandingkan. Anda bisa membandingkan antar reksadana yang ingin dibeli. Bisa bandingkan return dari masing-masing reksadana. Perbandingan maksimum 3 (tiga) reksadana, reksadana mana saja, sembarang pilih.

Selanjutnya jika sudah yakin beli atas pilihan reksadana yang ada, isi nominal yang akan anda investasikan. Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer bank, untuk transfer bank, tentu saja dilakukan secara terpisah melalui mobile banking, ATM, internet banking masing-masing bank, kalau sudah transfer, masih perlu meng upload bukti transfer. Masih ribet dan ada biaya transfer (kalau bank berbeda antara bank custodian dan bank anda sebagai investor). Ada tambahan pilihan pembayaran pembelian reksadana, via Gopay, DANA dan LinkAja. Ini bagus untuk investor pemula karena dapat menghemat biaya transfer, supaya cuan gak habis di makan biaya transfer seperti ini.

Penjualan Reksadana

Untuk mencairkan reksadana anda, ada OTP yang dikirim via email demi keamanan dan verrifikasi. Baru kemudian bisa lanjut. Kalau kita mau menambah/mengubah rekening bank, bisa dilakukan dengan mengirimkan email terlebih dahulu ke help desk/support nya. Ribet ajaa.

Untuk help desk, mereka tidak menyediakan live chat support, tapi bantuan berupa FAQ, jadi anda harus ketik apa yang mau ditanyakan, kemudian akan muncul pilihan-pilihan pertanyaan yang sering di tanyakan dan solusinya. Sering kali apa yang anda tanyakan, tidak ada di FAQ tersebut. Kalau tidak ada jawabannya disitu, maka selanjutnya anda mengirimkan notifikasi, cantumkan email dan lampiran (kalau ada) dan kirim. Much work to do here.

Kesimpulan

Apps ini bagus sebagai alternative channel pembelian reksadana, hanya saja banyak yang perlu di improve, so investor doesn’t have much to do and be more convenient.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s