BERAPA HARGA SEWA RUMAH / APARTEMEN SAYA?

pic source: daytodayfinancedotcom

Sering sekali kita mendengar pertanyaan dari pemilik rumah, berapa sih nilai sewa rumah atau apartemen saya saat ini?

Untuk melihat berapa nilai wajar dari harga sewa rumah atau apartemen, ada 3 (tiga) cara:

Pertama, lihat rumah di lingkungan tersebut yang disewakan dengan tipe yang sama, luas tanah dan luas bangunan yang sama, cek berapa harga sewanya. Asumsinya dalam satu perumahan atau cluster. Misalnya dalam satu lingkungan atau cluster terdapat rumah-rumah sewa dengan luas tanah 90m2 dan luas bangunan 100 m2 dengan harga Rp. X, maka rumah anda yang ingin disewakan berkisar pada harga Rp. X tersebut. Kalau apartemen, maka berapa luas bangunannya saja. Karena tanah nya digunakan secara bersama-sama oleh penghuni / pemilik unit apartemen lainnya. Sekarang ini untuk mengecek harga sewa rumah bisa melalui portal properti yang ada di internet.

Kedua, tanya agent atau broker setempat. Berapa nilai pasaran harga sewa rumah di area itu. Mereka umumnya lebih berpengalaman dan paham akan kondisi pasar properti setempat. Untuk mendapatkan atau bertanya kepada agent atau broker itu gratis, tapi kalau mau pakai jasa agent atau broker untuk memasarkan rumah atau apartemen kita, maka ada success fee yang harus dibayarkan bila transaksi terjadi. Asumsinya penyewa datang dari agent atau broker tersebut. Nilainya 5% dari nilai transaksi sewa.

Ketiga, hitung rental yield. Kita perlu mengetahui terlebih dahulu berapa nilai jual pasaran dari properti yang kita punya. Kalau dari cluster atau lingkungan yang sama, kita bisa melihat berapa harga pasaran rumah kita untuk tipe tersebut. Dari harga jual pasaran rumah, dengan melihat kondisi saat ini, rental yield berkisar 2%- 3% dari harga jual rumah tersebut, sementara kalau rental yield dari apartemen berkisar 5% – 6% dari harga jual unit tersebut. Sebagai ilustrasi, kalau harga rumah kita dengan luas tanah 90 m2 dan luas bangunan 100 m2, seharga Rp. 2 M. maka kisaran harga sewa dari rumah tersebut adalah Rp. 40 juta per tahun sampai Rp. 60 juta per tahun.  Sementara, kalau kita punya apartemen dengan harga Rp. 2M tersebut, maka nilai sewa dari apartemen berkisar Rp. 100 juta – Rp. 120 juta per tahun.

Atau bisa juga gunakan kombinasi dari ketiga metode di atas. Untuk saat ini, melihat harga sewa dan harga jual rumah maupun apartemen, bisa melalui portal properti yang tersedia.

Penulis:

Boy Hazuki Rizal

Catch me:

rizal.plannerindo@gmail.com

IG:@rizal.plannerindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s